Card file pada MYOB adalah fungsi untuk menciptakan
dan mengatur arsip yang permanen untuk pelanggan, sales(penyalur), karyawan,
dan kontak pribadi. Card file merupakan modul yang digunakan untuk membuat akun
kartu nama dan data-data mengenai customer,
supplier, employee (pegawai), ataupun hal yang personal. Berikut ini adalah cara pembuatan Card File :
1. Pertama, masuklah pada akun perusahaan Anda atau buat akun baru pada
MYOB menggunakan “OPEN” (untuk membuka data perusahaan yang telah Anda buat
sebelumnya) atau “CREATE” untuk membuat data perusahaan baru.
2. Pada Command Centre masuklah ke modul “Card File” dengan mengklik icon di sudut kanan atas dan kemudian
klik pada tulisan “Card List”.
Akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini,
klik pada icon bertuliskan “New”
untuk membuat card file baru.
3. Akan muncul tampilan form seperti gambar di bawah ini, isi form sesuai dengan yang
diperintahkan.
Pada “Card Type”,
kita dapat memilih kartu nama ini ditujukan untuk tipe kartu nama. Apakah
Customer, supplier, pegawai ataupun pribadi.
Pada “Designation”,
kita dapat memilih jenis kartu nama. Apakah Company (suatu perusahaan), ataupun
individual (per-seorangan).
Setelah selesai mengisi semuanya, klik OK. Berikut tampilannya.
4. Untuk mengedit kartu nama, Anda dapat masuk pada menu “Card List” lagi, kemudian klik pada
account yang ingin diubah, kemudian klik edit dan Anda dapat mengubah
informasi-informasi pada account tersebut.
5.
Kemudian kita akan melihat kontak log yang sudah terdaftar nama-nama
orang yang Anda tadi buat dengan kembali ke menu “Card File” lalu Anda pilih “View
Contact Log”.
Akan muncul tampilan form seperti gambar di bawah ini.
6. Kemudian kita klik pada bagian “Name”
akan muncul tampilan form seperti gambar di bawah ini.
Untuk selanjutnya, pilih salah satu nama yang
terdaftar dalam isian form tersebut. Kemudian Anda klik “Use Card” pada tampilan form tersebut. Berikut tampilannya.
Akan terlihat tampilan seperti gambar, klik pada icon
bertuliskan “New” untuk membuat view
contact entry. Kemudian Anda isi formnya sesuai dengan yang diperintahkan.
Setelah mengisi form dengan sesuai yang
diperintahkannya, selanjutnya Anda pilih dan klik “Record” pada tampilan form tersebut. Maka akan keluar tampilan
berikut.
7. Jika semua nama yang terdaftar tersebut telah dilakukan seperti
perintah-perintah diatas, kembali lagi kita ke menu “Card File” Anda klik “Create Personalised
Letters” untuk membuka jendela form selection, dimana
perusahaan dapat membuat sebuah file mail merge yang berisi informasi tentang
individu atau perusahaan pada file kartu.
8. Dan inilah “Create Personalised
Letters” daftar customer yang sudah terdaftar dalam Card File.
Semoga Bermanfaatt :)....
Kok gk ada penjelasan mengenai buying detail di card list nya ??
BalasHapusKa maaf mau tanya.. untuk mengedit akun card file nya gimana ka?
BalasHapus