Hendri Prasetyo

Card file pada MYOB adalah fungsi untuk menciptakan dan mengatur arsip yang permanen untuk pelanggan, sales(penyalur), karyawan, dan kontak pribadi. Card file merupakan modul yang digunakan untuk membuat akun kartu nama dan data-data mengenai customer, supplier, employee (pegawai), ataupun hal yang personal. Berikut ini adalah cara pembuatan Card File :

1.  Pertama, masuklah pada akun perusahaan Anda atau buat akun baru pada MYOB menggunakan “OPEN” (untuk membuka data perusahaan yang telah Anda buat sebelumnya) atau “CREATE” untuk membuat data perusahaan baru.


2.   Pada Command Centre masuklah ke modul “Card File” dengan mengklik icon di sudut kanan atas dan kemudian klik pada tulisan “Card List”.


Akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini, klik pada icon bertuliskan “New” untuk membuat card file baru.


3.   Akan muncul tampilan form seperti gambar di bawah  ini, isi form sesuai dengan yang diperintahkan.


Pada “Card Type”, kita dapat memilih kartu nama ini ditujukan untuk tipe kartu nama. Apakah Customer, supplier, pegawai ataupun pribadi.


Pada “Designation”, kita dapat memilih jenis kartu nama. Apakah Company (suatu perusahaan), ataupun individual (per-seorangan).


Setelah selesai mengisi semuanya, klik OK. Berikut tampilannya.



4.     Untuk mengedit kartu nama, Anda dapat masuk pada menu “Card List” lagi, kemudian klik pada account yang ingin diubah, kemudian klik edit dan Anda dapat mengubah informasi-informasi pada account tersebut.


5.      Kemudian kita akan melihat kontak log yang sudah terdaftar nama-nama orang yang Anda tadi buat dengan kembali ke menu “Card File” lalu Anda pilih “View Contact Log”.


Akan muncul tampilan form seperti gambar di bawah  ini.



6.  Kemudian kita klik pada bagian “Name” akan muncul tampilan form seperti gambar di bawah ini.




Untuk selanjutnya, pilih salah satu nama yang terdaftar dalam isian form tersebut. Kemudian Anda klik “Use Card” pada tampilan form tersebut. Berikut tampilannya.



Akan terlihat tampilan seperti gambar, klik pada icon bertuliskan “New” untuk membuat view contact entry. Kemudian Anda isi formnya sesuai dengan yang diperintahkan.



Setelah mengisi form dengan sesuai yang diperintahkannya, selanjutnya Anda pilih dan klik “Record” pada tampilan form tersebut. Maka akan keluar tampilan berikut.


7.  Jika semua nama yang terdaftar tersebut telah dilakukan seperti perintah-perintah diatas, kembali lagi kita ke menu “Card File” Anda klik Create Personalised Letters” untuk membuka jendela form selection, dimana perusahaan dapat membuat sebuah file mail merge yang berisi informasi tentang individu atau perusahaan pada file kartu.


8.     Dan inilah “Create Personalised Letters” daftar customer yang sudah terdaftar dalam Card File.



     Semoga Bermanfaatt :)....


2 komentar:

  1. Kok gk ada penjelasan mengenai buying detail di card list nya ??

    BalasHapus
  2. Ka maaf mau tanya.. untuk mengedit akun card file nya gimana ka?

    BalasHapus